Minggu, 02 September 2007

Typing ??? Perlukah Keterampilan itu??

Sekolah Menengah Kejuruan, dari nama tersebut kita melihat ada sebuah kata "kejuruan" yang berasal dari kata "juru". Jika kita beri makna kata tersebut bisa kita artikan kemampuan. Misalnya juru masak, adalah seseorang yang punya kemampuan dalam hal masak-memasak, juru, juru bicara, orang yang berkemampuan menginformasikan sesuatu kepada orang lain. Banyak lagi kata yang berkombinasi dengan kata juru yang mempunyai makna yang hampir sama dengan kemampuan seseorang.
Di SMK salah satu lembaga pendidikan yang memakai kata "juru" banyak kemampuan yang perlu dilatihkan kepada siswa (khususnya SMK yang berasal dari SMEA), salah satunya adalah kemampuan mengetik cepat, mengetik dengan tidak melihat papan ketik. Kemampuan tersebut tidak hanya bisa didapat secara tiba-tiba. Keterampilan itu harus dilatih, dilatih, dan terus dilatih, sehingga pada suatu saat jari tangan bisa menggantikan mata untuk melaksanakan tugas pengetikan.
Dalam hal pelatihan, banyak fasilitas yang tersedia, misalnya ada software yang bisa dipakai untuk itu, misalnya Typing pall, typing master, dan lain-lain. Perangkat itu sangat mudah ditemukan. Yang sangat penting adalah kekuatan hati orang yang akan berlatih. Kalau seseorang yang berpandangan ke depan, mereka telah memprediksi bagaimana beratnya bersaing dengan yang lain jika kita tidak punya keterampilan. Hal ini mereka sadari, dan mereka berusaha melatih diri dengan maksimal. Tapi bagi seseorang yang berpadangan hanya satu jengkal ke depan, bagi mereka itu tidak ada gunanya, mereka berpendapat itu adalah satu beban. Untuk orang yang seperti ini, cuma ada satu "Ingat bahwa persaingan ini berat", "Apa yang bisa kita andalkan jika kita tamat nanti. Selagi waktu masih ada, giatlah mencari ilmu, giatlah melatihkan diri dengan keterampilan-keterampilan yang bermanfaat.
Semoga Anda satu saat nanti merasakan bahwa yang dilatih hari ini, memang sangat bermanfaat, dan itu sangat menguntungkan Anda.

2 komentar:

  1. Benar tuh yang dikatakan pak eSeS. Mo nanya neh pak, bagaimana cara berlatih ngetik 10 jari, kalau jari tangan kita tuh jempol semua pak? bales yach...... :)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum pak. Ambo ko murik apak dulu di SMEA 1 Padang (SMK N 2 Padang). Namo ambo fikri pak. sanang hati ambo mandapek alamat blog apak. mokasi ka google :)

    Dulu ambo manajemen koperasi, saangkatan jo Beni (suami ibu maha)
    Ambo rang bukiktinggi pak, sakampuang wak (kalau indak salah)

    http://fikri.onthe.web.id

    BalasHapus